Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 08 November 2010

Naikan Performa Honda Supra X 125



Salam Biker's


Motor yang nampang di atas mesti keren deh, udah irit, tenaga lumayan, bisa buat kemana aja, eh bisa juga buat cewek nempel tuh kalaw ada yang mau hee ketawa. nah selera anak muda sekarang kan motor tuh dibikin kenceng dikorek abis2an. selain biaya besar juga bisa ngerusak komponen mesin tuh..neh aku kasih saran buat naikin tenaga motor ini dengan Duit yang minimalis tapi lumayan lah.sapa tau aja bisa bantu kamu semua..kalaw ga kepake ya gpp lah biarin aja gak usah digubris neh tulisan he.he


Untuk membuat laju Honda Supra X 125 (HSX125) non-injeksi agar lebih kencang dengan minim korekan. Namun sebelumnya kita mesti pintar membaca kekurangan performa mesin HSX125. Kekurangan paling menonjol HSX125 adalah mesin ngedrop begitu oper ke gigi 4. dari sini kita mesti curiga kalau gejala ini berkaitan dengan rasio girboks. Coba tes motor standar, pasti bakal ketahuan kalau gigi 1 dan 2 nya bias panjang-panjang. Standar aja gigi 2 bisa tembus di angka kecepatan 75 km/jam. Begitu girboks dibongkar, tercatat spek rasio gigi 1 : 35/14, gigi 2 : 31/20, gigi 3 : 23/20, dan gigi 4 : 24/26. Nah, kelemahan terlihat pada rasio gigi 4 yang terlalu overdrive sehingga motorpun ngedrop di gigi 4. Melihat kelemahan seperti ini, yakni gigi akhirnya ngedrop, maka penyelesaian paling umum adalah dengan ganti rasio atau meningkatkan perbandingan kompresi. Untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi. Kasus untuk HSX125, muka pistonnya cekung, yang artinya pilihan piston yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kompresi adalah dengan piston dengan muka rata atau flat. jika pasang piston jenong tentu perbandingan kompresi terlalu melejit.
Sebagai pilihan cukup pasang piston Izumi atau DG atau Daytona untuk HSX125. Atau kalau mau murah meriah, piston standar tetap bisa digunakan, tapi blok silinder dipapas sebanyak 1mm. Ini secara otomatis menaikkan muka piston sebanyak 1mm. Namun agar kompresi tak terlalu naik, maka muka piston harus dibabat sebanyak 1mm. Hasilnya muka piston HSX125 menjadi rata atau flat. Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder terhadap muka piston diset 0,2 – 0,3mm. Pada kasus tertentu ternyata jarak antara muka piston dan tepi blok pernah ditemui 0,6mm, yang mana menjadikan efek pembakaran terlalu luas. Efek berikutnya adalah kemampuan mesin pada putaran menengah ke tinggi pun anjlok. Langkah pemapasan ini saja dengan kem dan CDI standar bisa membuat top speed motor 125 – 130 km/jam dengan catatan kondisi motor normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan laju.

Selain itu karburator juga diset dengan setelan angin taruh di 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya75 menjadi80. (sumber Majalah R2)

Oh ea bro… sebenarnya ada juga beberapa tips yang mungkin bias dilakukan untuk mengangkat tuh performa motor Honda Supra X 125 yaitu dengan :

Mengganti per koping dengan daya pegas yang lebih keras bias aja dengan motor lain seperti tiger atau mega pro tapi kalaw ukuran diameter gak pas mesti ngerusak rumah kopling tu di bubut, alternatif lain bisa pake yang instant tuh banyak di bengkel2 speed shop atau yang nyediain yaitu pake per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll.

atau kalaw nggak bisa dulu dengan menambah ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.
Yang ke dua neh masih ada hubugannya ma kopling yaitu mengubah daya cengkram kampas kopling biar gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kmpas kopling bias lo ganti dengan kampas2 kopling buat balap yang merek2nya juga hampir sama dengan yang di sebutin tadi di atas harganya ya lumayan tapi tu bias buat motor lu gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget lah gak kaya pake standard tarikan juga tambah, di tanjakan bisa stabil. Jadi intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi.

Trus lo juga bias ganti tu cdi ma CDI racing yang gak ada limiternya (pembatas RPM tertentu) banyak sekarang CDI merek yang buat balap memproduksi buat harian ato standard, misal BRT  ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di supra x 125 . itu bisa menambah toop speed ma naikin pengapian.
oke selamat dah baca ya...bagi yang mau coba silahkan...




3 komentar:

  1. kalo mau pesan hubungi siapa ini..saya butuh cpet barang nya..yg TDR udah koplit ada pirr nya yg di atas itu..buat supra 100 cc..atau hbgi saya 087836133329

    BalasHapus
  2. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    Supra (FuKuyama)GN5 Rp 102.400

    Kamvas ganda Assy HONDA Supra Fit/New (FuKuyama) KFL Rp 106.600

    Kamvas ganda Assy HONDA Supra X-125 (FuKuyama) KPH Rp 121.100

    Kamvas ganda Assy HONDA Revo Absolute (FuKuyama) KWB Rp 114.500

    Kamvas ganda Assy YAMAHA Crypton (FuKuyama) 4ST Rp 96.900

    Kamvas gand Assy YAMAHA Jupiter Z (FuKuyama) 5TN Rp 98.200

    Kamvas ganda Assy YAMAHA Force-1 (FuKuyama) 2JG Rp 100.300

    Kamvas ganda Assy YAMAHA MIO (FuKuyama) 5TL Rp 165.900

    Kamvas ganda Assy YAMAHA Mio Soul (FuKuyama) Rp 165.900

    Kamvas ganda Assy SUZUKI RC-110/GS-110 (FuKuyama)Rp 100.300

    Kamvas ganda Assy SUZUKI Shogun 110 (FuKuyama) Rp 106.100

    Kanvas ganda Assy SUZUKI Smash 110 (FuKuyama) Rp 100.800

    Kamvas ganda Assy SUZUKI Shogun 125 (FuKuyama)Rp 107.900

    Kamvas ganda Assy HONDA Beat (FuKuyama) KVY Rp 165.900

    Kamvas ganda Assy HONDA Vario (FuKuyama) KVB Rp 199.000

    Kamvas ganda Assy YAMAHA Vega ZR (FuKuyama) 5D9 Rp 101.400

    Kamvas ganda Assy YAMAHA Jupiter MX (FuKuyama) NON COPLING - 1S7Rp 121.100

    KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

    BalasHapus