Cari Blog Ini

Sabtu, 04 September 2010

PENDIDIKAN


Contoh :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK

Mata Pelajaran : Pemeliharaan / servis engine dan komponen-komponennya.

Kelas / Semester : XII TKR/ I

Alokasi Waktu : 6 jam x 45 menit

Standar Kompetensi : Memelihara / servis engine dan komponen-komponennya.

Kompetensi Dasar :

a. Mengidentifikasi komponen-komponen utama engine dan komponen-komponen lainnya.

b. Memelihara / servis engine bensin dan diesel dan komponen-kompnennya (tune up)

c. Melaksanakan pemeliharaan / servis komponen.

d. melaksanakan pelumasan.

Indikator :

a. Pembongkaran, pengidentifikasian dan pemasangan komponen utama dan komponen lainnya engine dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan komponen lain.

b. Pengidentifikasian komponen utama dan komponen lainnya diakses sesuai dengan prosedur perusahaan.

c. Pemeliharaan / servis engine dan komponen-kompnennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap kompnen atau sistem lainnya.

d. Pemeliharaan / servis dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang ditentukan berdasarkan spesifikasi yang sesuai terhadap komponen.

e. Pekerjaan pemeliharaan / servis dilaksanakan dengan pedoman dari industri yang telah ditetapkan.

f. Penggunaan pelumas dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.

g. Data yang tepat sesuai hasil pemeliharaan / servis.

h. Pemahaman informasi yang diakse dari spesifikasi pabrik.

i. Kegiatan pemeliharaan / servis dilaksakan berdasarkan SOP, K3, peraturan perundang-undangan dan prosedur / kebijakan perusahaan.

I. Tujuan Pembelajaran

a. Siswa dapat menguasai cara pemeliharaan / servis engine yang sesuai spesifikasi pabrik.

b. Terampil membongkar, memperbaiki dan memasang komponen utama dan komponen engine lainnya.

c. Siswa dapat cermat dan teliti mengidentifikasi permasalahan dan perbaikannya (troubleshooting).

d. Siswa dapat melaksanakan pemeriksaan komponen komponen utama dan komponen engine lainnya.

e. Siswa dapat melaksanakan standar operasional prosedur perbaikan secara benar.



II. Materi Ajar

a. Prinsip kerja engine.

b. Prinsip kerja engine bensin dan diesel

c. Pembongkaran dan pemasangan komponen utama dan komponen engine lainnya.

d. Pemeriksaan komponen utama dan komponen engine lainnya.

e. Langkah kerja pemeliharaan / servis engine.

f. Menentukan komponen engine yang harus dipelihara / servis.

g. Penggunaan metode dan perlengkapan sesuai spesifikasi pabrik.

h. Langkah kerja pemeliharaan dan perbaikan komponen utama dan komponen engine lainnya sesuai dengan SOP, K3, peraturan perundang-undangan dan prosedur / kebijakan perusahaan.


III. Metode Pembelajaran

a. Ceramah

b. Praktikum

c. Tanya jawab

d. Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Prinsip kerja komponen utama dan komponen engine lainnya..
Komponen- komponen utama dan komponen engine lainnya.
Prosedur pemeliharaan / servis engine.
Persyaratan keamanan peralatan / diri, perlengkapan kerja dan komponen.
Daftar pemeriksaan, pemeliharaan / servis engine.
Mengidentifikasi jenis-jenis dari engine dan komponen.
Melaksanakn pemeliharaan engine dan komponen secara berkala.



V. Alat / Bahan / Sumber Belajar

a. Alat yang digunakan selama KBM antara lain :

1. Papan tulis

2. Penghapus

b. Sarana dan Prasarana selama KBM antara lain:

1. Ruang Praktik

2. Engine stand.

3. Absensi kelas

c. Sumber Belajar / Buku Panduan

1. Kajian teori tentang tune-up motor bensin dan diesel

2. Toyota New step 2

VI. Penilaian

a. Teknik : Tes tertulis, tes lisan dan tes unjuk kerja.

b. Bentuk Instrumen : Tes uraian, tes bicara dan tes standar operasional

prosedur.

VII. Latihan
Jelaskan mengapa harus diadakan pemeliharaan / servis engine (tune up)!
Jelaskan prinsip kerja komponen utama engine!
Sebutkan komponen-komponen utama engine dan komponen engine lainnya, beserta fungsinya!
Jelaskan prosedur tune up pada engine secara berurutan!


Mengetahui :

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar